Penemuan Yang berpengaruh dalam DUNIA

Abad 20 merupakan awal berkembangnya teknologi elektronik, mulai dari teknologi persenjataan, teknologi kedirgantaraan sampai dengan teknologi kesehatan. Hampir semuanya berkembang pesat di abad 20. Berikut ini adalah 10 teknologi yang paling populer di era abad 20. Antara lain :

Tenaga Nuklir


Installasi Tenaga Nuklir

Tenaga Nuklir pada abad ke 20 telah menggantikan peran tenaga mesin uap yg tercipta di abad 19. Berkat tenaga nuklir tiba-tiba manusia bisa mempunyai sumber tenaga yg tidak menghasilkan polusi, tenaga nuklir juga sangat efisien, dan tak terbatas. Sehingga tenaga nuklir dapat mengubah keadaan bumi ini dalam waktu yg singkat. Tetapi tenaga nuklir ini seperti pedang bermata dua, yaitu bahwa sumber energy dari tenaga nuklir dapat digunakan untuk menciptakan senjata yg paling merusak sepanjang sejarah, dan kehadirannya dapat mengancam kelangsungan hidup manusia. Sebagai tambahan, sementara pembangkit listrik tenaga nuklir tidak menghasilkan polusi di udara tetapi bila berada di tangan yg salah atau tidak berkompeten tenaga nuklir dapat menyebabkan suatu wilayah terkena penyebaran radio aktif yg mengancam kelangsungan hidup manusia (seperti yang ditunjukkan di Chernobyl di tahun 1986). Walaupun begitu kita tidak bisa menyangkal begitu saja semua dampak positif yg dimiliki tenaga nuklir ini

Komputer


Komputer (Personal Computer)

Saat ini sulit membayangkan apa jadinya dunia tanpa kehadiran komputer. Tentu saja komputer telah ada sejak perang dunia ke 2, tetapi pada saat itu komputer masih terlihat “kaku” dan merupakan barang yg sangat mahal. Tetapi semua itu berubah sejak Steve Wozniak dan Stephen Jobs memperkenalkan produk Apple pada tahun 1976. Dan saat inikomputer berada di mana2 dan kita merasa sangat tergantung pada komputer dan banyak orang merasa telanjang jika tidak mempunyainya. Bahkan bagi beberapa orang komputer merupakan sesuatu yg sangat berarti dalam mempertahankan hidup mereka: mereka menggunakan computer untuk menyimpan catatan keuangan, menulis buku dan bahkan untuk menjual rumah.

Pesawat Terbang

Pesawat Terbang

Seperti lokomotif yg telah membuat dunia menjadi lebih kecil pada abad ke 19, pesawat terbang telah melakukan hal yg sama pada kita di abad ke 20. Pesawat telah “menyusutkan” planet ini sampai ke titik dimana setiap orang bisa terbang ke semua tempat di dunia dalam waktu yg sangat singkat. Pesawat tidak hanya membuat perjalanan menjadi lebih aman dan lebih cepat, tetapi pesawat juga dapat menyediakan layanan lainnya seperti : untuk memadamkan hutan yg terbakar, sebagai sarana pengiriman paket, sampai kegunaannya sebagai mesin perang.

Mobil

Mobil

Meskipun sudah dikembangkan di Eropa selama abad ke 19, mobil saat itu tidak benar-benar menjadi praktis dan dapat baru diandalkan sebagai sumber transportasi pada abad ke 20. Sejak saat itu segalanya menjadi berubah, kuda dan kereta tidak diperlukan lagi. Sejak saat itu banyak negara-negara yg mengaspal jalan-jalan mereka sebagi tempat berlalunya mobil. Hal tersebut juga mengakibatkan revolusi pasar, tiba-tiba menjadi sangat mudah untuk mengangkut barang-barang pasar dengan menggunakan truk dimana sebelumnya sangat sulit untuk dilakukan. Saat itu perakitan mobil yg dilakukan Henry Ford menjadikan mobil menjadi terjangkau bagi semua orang. Automobil telah memberikan kepada setiap orang semua tingkat mobilitas dan kebebasan pribadi.

Roket

Roket

Roket ditemukan dan digunakan pertama kali oleh orang-orang China lebih dari 3 ribu tahun yg lalu dan terkadang digunakan oleh orang-orang Yunani dan Romawi. Dan roket benar-benar mendapatkan fungsinya yg sebenarnya pada abad ke 20, roket tidak lagi menjadi hiburan semata tetapi telah menjadi sebuah senjata yg mematikan. Pada abad ke 20 roket menjadi lebih besar dan lebih bertenaga. Yg paling penting, roket dapat dikendalikan, yg membuat roket bisa digunakan sebagai senjata perang dan juga dapat digunakan untuk menjelajahi luar angkasa. Tanpa roket kita tidak bisa menjelajahi bulan atau tempat-tempat lain di system tata surya kita. Roket juga menempatkan satelit ke orbit sekitar planet kita, jadi tanpa roket kita tidak bisa menggunakan GPS, memeprediksi prakiraan cuaca, dan tentu saja tidak bisa menggunakan telepon kita.

Kapal Selam

Kapal Selam

Kapal selam telah digunakan di masa lalu ( Kapal Selam Hunley CSS digunakan selama Perang Sipil) dan kapal selam pertama yang ditemukan di tahun 1880-an, tetapi kapal selam modern baru dikembangkan pada abad ke 20. Saat ini dengan adanya tenaga nuklir, kapal selam menjadi mempunyai daya jangkau dan ketahanan yg tak terbatas, sehingga kapal selam telah menjadi kapal perang utama di setiap Negara. Seberapakah keefektifan sebuah kapal selam? Cobalah tanyakan kepada orang yg pernah menggunakan kapal selam. Mereka akan mengatakan: hanya ada 2 tipe kapal di dunia ini, yaitu kapal selam dan target buruannya!

Antibiotik

Obat Antibiotik

Sampai Alexander Fleming menemukan penisilin pada tahun 1928, hampir setiap bakteri kecil yg terdapat dalam tubuh seseorang dapat mengakibatkan sesuatu yg fatal. Sejak ditemukan penicillin maka antibiotik-antibiotik lainnya mulai bermunculan. Sejak saat itu kematian yg diakibatkan oleh bakteri menjadi berkurang , karena banyak penyakit yg dapat ditangani akibat adanya antibiotik, sehingga tingkat kematian jadi menurun dan harapan hidup menjadi meningkat.

Pesawat Televisi

TV Jadul

Semua pasti tau bahwa televisi dapat menghancurkan sel otak kita dan dapat menimbulkan kerusakan pada diri seseorang secara emosional dan psikologis, tetapi bagaimana jadinya bila kita tanpa televisi? Televisi merupakan sumber berita, guru, penghibur dan pencerita bagi kita semua. Bahkan jika berada di tangan yg berkompeten, televisi bisa menjadi sesuatu yg sangat berguna. Bahkan lebih buruk lagi banyak orang yg tidak mempunyai ide apa-apa bila tanpa kehadiran televisi. Televisi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita.

Internet

Koneksi Internet Pertama kali

Pada masa lalu komputer tidaklah lebih dari sekedar alat yg digunakan untuk mengetik saja, tetapi berkat kehadiran internet, komputer telah berubah menjadi ‘monster’ pada saat ini. Ketika pesawat terbang telah menyusutkan bumi ini sampai di titik dimana kita dapat pergi dari New York ke London hanya dalam waktu 6 jam, internet dapat melakukan hal yg sama dalam waktu yg hanya beberapa detik saja. Internet memungkinkan orang untuk membeli ataupun menjual sesuatu, menemukan teman lama, melihat video terbaru di youtube dan bahkan menemukan pasangan hidupnya. Dan tentu saja kita dapat menemukan berbagai informasi dari internet. Kita tidak bisa membayangkan jika tidak ada teknologi internet saat ini.

Radio

Radio Jadoel

Saat ini hanya sedikit orang yg dapat menghargai keberadaan radio yg muncul pada abad ke 20. Radio tidak hanya memungkinkan seseorang untuk mendengarkan suara yg jaraknya mencapai ratusan bahkan ribuan mil tanpa menggunakan kawat atau kabel, tetapi radio juga merupakan “pusat” keluarga pada masa setelah perang dunia ke 2. Tetapi keberadaan radio mulai mengalami kemerosotan pada tahun 1950an saat televisi mulai menggantikan peran radio. Saat ini salah satu kegunaan radio adalah ketika diletakkan di dalam mobil, yg berguna untuk menghindarkan pengemudi dari rasa kantuk yg menyerang. Tetapi bagaimanapun juga, saat ini radio sama pentingnya dengan keberadaan televisi,komputer, microwave, dan telepon yg sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Komentar

Postingan Populer